Harga Mitsubishi Eterna, Spesifikasi Kelebihan, Kekurangan Terbaru

Harga Mitsubishi Eterna | Mitsubishi Eterna mempunyai banyak kelebihan, walaupun bukannya tanpa kelemahan. 

Mobil ini merupakan produk hasil karya mitsubishi yang menempati posisi kendaraan beroda empat big sedan. Mitsubishi Eterna di hadirkan pertama kali di tahun 1988. 

Saat itu kendaraan beroda empat ini dijadikan sebagai pengganti dari kendaraan beroda empat Galant II. Sebenarnya nama Eterna telah disandang oleh pendahulunya yaitu pada ketika kendaraan beroda empat Galant II mengeluarkan versi facelift nya. 

Dulunya Eterna gen 1 hanya dipasarkan selama 2 tahun saja dan kemudian dihentikan.

Dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, Mitsubishi Eterna memakai dua macam tipe mesin yaitu mesin SOHC dengan karburator sedangkan tipe mesin yang ke dua memakai DOHC tipe injeksi. Kemudian kendaraan beroda empat ini terus dhipasarkan hingga tahun 1993. 

 Mitsubishi Eterna mempunyai banyak kelebihan Harga Mitsubishi Eterna, Spesifikasi Kelebihan, Kekurangan Terbaru
Mitsubishi Eterna

Menghilangnya kendaraan beroda empat ini digantikan oleh Galant Lee yang tiba bersamaan dengan Mitsubishi Lancer CG. 

Oh, ya.. Mitsubishi Eterna ialah sangat terberat bagi Honda Accord Maestro, Toyota Corona Twincam ataupun Mazda 626 Capella. 

Sedikit dongeng mengenai kendaraan beroda empat Mitsubishi Eterna, bekerjsama "Eterna" ialah nama yang diberikan kepada Galant tipe JDM yang dijual di Indonesia. 

Sebelumnya versi kendaraan beroda empat ini kalah pamornya dengan para pesainnya. Sehingga untuk meningkatkan minat konsumen, dipilihlah nama ini. 

Dan terbukti dengan dipilihnya nama ini, Mitsubishi Eterna menjadi lebih di minati di pasaran otomotif nasional.

Pada pembahasan kali ini, tim GarasiotoMania telah menyiapkan serba-serbi mengenai kendaraan beroda empat Mitsubishi Eterna. 

Tentunya anda ingin tau dengan spesifikasi yang diusung oleh kendaraan beroda empat ini dan tentunya mengenai harga dari Mitsubishi Eterna. Untuk selengkapnay mari simak review berikut ini.

Eksterior Mitsubishi Eterna

Pada pembahahasan pertama, tim GarasiOtoMania akan mengajak anda untuk menyelidiki pada bab luar dari Mitsubishi Eterna. 

Jika diamati secara sekilas, Mitsubishi Eterna mempunyai tampilan yang gagah dan mempunyai tampilan otot yang kuat. 

Pada bab fascianya didesain dengan tampilan yang ibarat binatang hiu sehingga terlihat lebih tajam namun tetap mempertahankan desain kotaknya. 

Desain hiu ini sebenarny sudah banyak digunakan di beberapa varian kendaraan beroda empat Mitsubishi, mirip halnya varian Galat. 
 Mitsubishi Eterna mempunyai banyak kelebihan Harga Mitsubishi Eterna, Spesifikasi Kelebihan, Kekurangan Terbaru
Eksterior Mitsubishi Eterna
Mobil Mitsubishi Eterna juga pernah mengeluarkan versi Facelit. Kehadiran tipe kendaraan beroda empat ini terlihat terang pada tampilan lampu henti belakang yang dilengkapi pula dengan reflektor. 

Ciri yang dimiliki oleh kendaraan beroda empat Mitsubihsi Eterna yang dikeluarkan dalam rentang tahun 1988 hingga 1990 ialah mempunyai reflektor panjang namun terpotong oleh plat nomor di bab tengahnya.

Kemudian pada kendaraan beroda empat Mitsubishi Eterna versi Facelift tahun 1991 hingga tahun 1992 mempunyai tampilan reflektor dengan bentuk trapesium yang dibalik dan dipotong pada bab atas plat nomor. 

Versi Faccelift ini juga mempunyai perbedaan pada tampilan lampu kluster dengan perpindahan posisi.

Sedangkan pada bab sampingnya, tidak mempunyai tampilan yang terlalu mencolok dengan adanay list. Namun secara umum tampilan Mitsubihi Eterna terlihat begitu gagah dan elegan.

Interior Mitsubishi Eterna

Setelah mengamati bab luar dari Mitsubishi Eterna, sekarang saatnya kita masuk dalam ruang kabin dari kendaraan beroda empat Mitsubihsi Eterna. 

Bagian dalam dari kendaraan beroda empat ini tidak kalah kerennya dari penampilan luar yang dimiliki. 

Saat memasuki ruang kabin dari kendaraan beroda empat ini, pemandangan yang akan anda temui pertama ialah adanya kesan glamor sebuath kendaraan beroda empat sedan klasik. 

Dashboard yang dimiliki oleh Mitsubihsi Eterna ini terlihat masih memakai desain mengkotak yang menjadi salah satu cirikhas dari kendaraan beroda empat klasik. 

Namun, pada bab fiturnya, Mitsubishi Eterna sudah mempunyai fitur yang cukup mumpuni. Konsol-konsol ini disusun secara rapi dan terlihat cukup menarik. 

 Mitsubishi Eterna mempunyai banyak kelebihan Harga Mitsubishi Eterna, Spesifikasi Kelebihan, Kekurangan Terbaru
Interior Mitsubishi Eterna
Misalnya tampilan pengaturan AC yagn biasanya memakai tipe geser, untuk pengaturan AC Eterna ini sudah memakai tipe dial memakai tombol putar. 

Kemudian tidak ketinggalan, Dashboard Eterna juga mempunyai laci yang memperlihatkan ukuran yang cukup semisal anda ingin melaksanakan upgrad head unit double din dengan layar sehintuh.

Keberadaan kotak ini akan lebih mempermudah alasannya ialah anda tidak perlu menciptakan ruang kotak baru.

Kemudian di bab kursinya, Mitsubihsi Eterna juga telah mempunyai fitur yagn cukup mumpuni sehingga akan menciptakan kendaraan beroda empat ini terasa lebih nyaman. 

 Mitsubishi Eterna mempunyai banyak kelebihan Harga Mitsubishi Eterna, Spesifikasi Kelebihan, Kekurangan Terbaru
Jok Mobil Mitsubishi Eterna
Kenyamanan yang ditawarkan oleh jok kendaraan beroda empat ini tidak akan kalah dengan kualitas yang diberikan oleh jok versi semi bucket pada mobil-mobil balap. 

Bahkan untuk versi Faceliftnya sudah terdapat jok elektrik pengemudi yang akan memperlihatkan kenyamanan ekstra bagi pengemudi.

Performa Mesin Mitsubishi Eterna

Setelah membahas mengenai tampilan yang dimiliki oleh Mitsubishi Eterna sekarang saatnya kita untuk mengulas mengenai dapur pacu yang dijejalkan dalam kendaraan beroda empat ini. 

Secara umum kendaraan beroda empat ini mempunyai dua pilihan tipe mesin yaitu tipe SOHC dan dipe DOHC.

Kedua mesin ini sama-sama mempunyai kapasitas mesin yang mencapai 2.0 L (2000cc). Perbedaan di antara keduanya terletak pada sistem penyuplai materi bakar yang digunakan dan juga terletak pada sistem pengaturan katub yang dimiliki. 

Pada mesin yang pertama, digunakan jenis SOHC yang bisa menghasilkan tenaga hingga mencapai 102 tenaga kuda diputaran 5500 rpm dan bisa menghasilkan torsi mencapai 159 Nm diputaran 4500 rpm. 

 Mitsubishi Eterna mempunyai banyak kelebihan Harga Mitsubishi Eterna, Spesifikasi Kelebihan, Kekurangan Terbaru
Mesin Mitsubishi Eterna
Namun, untuk problem peredaran dipasaran mesin tipe pertama ini lebih sudakar untuk ditemui kalau dibandingkan dengan tipe yang kedua.

Pada mesin yang kedua, digunakan tipe DOHC. Mesin ini cukup populer di kalangan kaula muda pasalnya mesin tipe kedua ini telah populer mempunyai kecepatan yang memuaskkan. 

Bahkan mesin ini telah mendapat label GTi yang merupakan mesin paling cepat yang dimiliki oleh Mitsubihsi. 

Dengan banyak sekali pamornya, mesin tipe kedua bisa menghasilkan tenaga mencapai 143 tenaga kuda pada putaran mesin 6500 rpm sedangkan untuk torsinya mencapai 172 diputaran 4500 rpm.

Pada dasarnya kedua jenis mesin yang telah dibahas diatas ialah mesin yang mengadaptasi dari mesin kendaraan beroda empat Legendaris Mitsubishi berkode 4G63. 

Bahkan untuk stelan konfigurasinya pun mempunyai persamaan, dengan 4 silinder segaris dan memakai 16 katub. 

Perbedaan fundamental terletak pada penggunaan camshft dan juga pada sistem pasokan materi bakar.

 Mitsubishi Eterna mempunyai banyak kelebihan Harga Mitsubishi Eterna, Spesifikasi Kelebihan, Kekurangan Terbaru
Mesin Mitsubishi Eterna
Untuk mesin terdapat pula mesin hasil tuning asal pabrikan populer dnegan image Mercedes Benz yaitu AMG. 

Dulunya AMG berlum lah tenar sehingga lebih menangani kendaraan beroda empat dari pabrik lain. Mitsubishi Eterna AMG dulu dijual sangat terbatas atau limited edition. 

Mobil dengan tenaga yang sangat mumpuni dengan kualitas nomor satu ini hanya dijual sebagnyak dua ribu unit saja diseluruh dunia sehingga menjadikannya sebagai salah satu kendaraan beroda empat paling berkelas ketika itu.

Impresi Mesin dan Handilng Mitsubishi Eterna

Kursi kendaraan beroda empat Mitsubihishi Eterna bisa menampung hingga tiga orang sampaumur dengan tetap menyisakan ruang yang cukup nyaman untuk pundak penumpnag. 

Berbeda dengan Mitsubishi Lancer DanGan karena, Mitsubishi Eterna mempunyai kapasitas ruang yang lebih besar. 

Pada problem handing, Mitsubishi Eterna ialah kendaraan beroda empat peralihan 80 ke 90 an yang mempunyai handling paling memuaskan. 

Bahkan kalau anda memakai Mitsubishi Eterna untuk cruising dikecepatan besarpun, kendaraan beroda empat ini tidak akan memperlihatkan getaran yang berarti. 

Bagian suspensi pun juga akan memperlihatkan pelayanan prima asalkan anda merawatnya dengan baik.

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Eterna

Pada bab ini tim GarasiOtoMania telah menciptakan rangkuman mengenai kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Eterna. Secara lebih lengkapnya kelebihan dan kekurangn Mitsubishi Eterna ialah sebagai berikut ini.

Kelebihan Eterna

  1. Memiliki kecepatan dan performa kelas tinggi bahkan untuk kendaraan beroda empat yang mempunyai kapasitas cc yang sama. Secara umum, Mitsubihsi Eterna ini akan mempunyai kecepatan hingga 20 persen lebih tinggi dibandingkan dengan merek kendaraan beroda empat lain.
  2. Memiliki kenyamanan mengemudi yang tinggi, alasannya ialah pengemudi bisa melihat dengan terang dari kedua sisinya.
  3. Memiliki inteiror yang lega, dan mempunyai posisi duduk nyaman alasannya ialah cukup lega.
  4. Memiliki handling yang menyenangkan dan nyaman
  5. Memiliki bady yang besar lengan berkuasa dan mempunyai karakteristik versi WRC kuat.

Kelemahan Eterna :

  1. Termasuk kendaraan beroda empat yang boros materi bakar alasannya ialah mempunyai perbandingan rasio 1: 7-8.
  2. Memiliki problem pada Lash Adjuster (klep hidraulik mesin). Mobil ini haruslah memakai oli tipe 10 W/40 serta harus mengalami penggantian oli secara rutin. Jika anda terlambat untuk mengganti oli kemungkinan akan terjadi problem pada klep nya. 
  3. Memiliki problem Airflow dan juga idle Up sensor. Gejala yang sering muncul ialah RPM yang naik dan turun apalagi kalau tidak melaksanakan service secara rutin.
  4. Kaki-kaki terkhususnya pada bab ball joint gampang rusak
  5. Side Skirt kebanyakan sudah tidak mulus. 

Spesifikasi Mitsubishi Eterna

Berikut ini, Tim telah menyiapkan rangkuman spesifikasi Mitsubishi Eterna untuk mempermudah anda dalam memahami seluk beluk yang dimiliki oleh Mitsubihsi Eterna.
  • Tipe Mesin  yang digunakan  4G63 SOHC karburator dan 4G63 DOHC Injeksi.
  • Tenaga yang dihasilkan  102 HP pada putaran 5.000 RPM (SOHC) ; 144 HP pada putaran 6.500 RPM (DOHC GTi).
  • Torsi yang dihasilkan mencapai  : 154 Nm pada putaran 3.000 RPM (SOHC) ; 172 Nm pada 6.000 RPM (DOHC GTi).
  • Ukuran Bore x Stroke : sama-sama 85 mm x 88 mm.
  • Rasio kompresi mesin : 9:1 (SOHC) ; 9.8:1 (DOHC GTi).
  • Perkiraan Konsumsi BBM mencapai : 11-12 km/L (dalam kota) dan 17-19 km/L (luar kota)
  • Sistem Transmisi yang digunakan : Manual 5-speed dan matic 4-speed (langka).
  • Sistem Suspensi yang digunakan : Depan MacPherson strut independent, belakang double
  • wishbone.
  • Rival : Honda Accord Maestro, Toyota Corona Twincam dan juga Mazda
  • 626 Capella.
  • Tahun penjualan : 1987 – 1992. 1993 merupakan unit sisa.

Review Mitsubishi Eterna

Kami juga telah menyiapkan review Mitsubishi Eterna untuk anda dalam bentuk video, namun kalau anda kurang menyukai tampilan video anda bisa melanjutkan pada ulasan berikutnya.

Harga Mitsubishi Eterna

Pada pembahasan yang terakhir kita akan mengulas mengenai Harga Mobil. Tentunya harga sebuah kendaraan beroda empat akan sangat dipengaruhi oleh spesifikasi kendaraan beroda empat yang diusungnya. 

Untuk kendaraan beroda empat Mitsubishi Eterna, mempunyai tampilan luar yang terlihat kokoh dan tangguh. Bagian fascianya masih memakai desain hiu mirip halnya tipe-tipe kendaraan beroda empat Mitsubishi sebelumnya. 

Bagian belakang dan sampingnya mempertahankan kesan kokoh yang maksimal. Sementara di dalam kabinnya, terlihat begitu menarik dengan desain khas kendaraan beroda empat sedan klasik. 

Banyak konsol yang sudah tertata rapi pada dashboarnya sehingga terlihat begitu elegan. 

Di bab dapura pacunya, Mitsubishi hadir dengan dua pilihan tipe mesin yaitu mesin tipe DOHC dan tipe SOHC keduanya mempunyai kapasitas yang sama yaitu 2000 cc. 

Perbedaannya hanya terletak pada sitem pengaturan katub dan juga sistem suplai materi bakarnya. 

Lantas dengan banyak sekali kelebihan yang dimilikinya ini, berapakah harga yang dipatok untuk kendaraan beroda empat ini? 

Harga Bekas Mitsubihi Eterna  Rp 20 – 35 juta rupiah

Harga kendaraan beroda empat ini mamang sangat terjangkau mengingat usianya yang sudah tidka muda lagi. Namun untuk beberapa kolektor ada yang berani menghargai kendaraan beroda empat ini sangat tinggi. 

Demikian tadi ulasan tim GarasiOtoMania mengenai Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan dan Harga Mitsubishi Eterna.

 Jangan lewatkan pembahasan lengkap kami lainnya mengenai Mitsubishi Pajero Sport dan Mitsubishi Triton

0 comments

Post a Comment