Harga Mobil VW Kodok dan Rahasia Spesifikasi Kelemahannya

Harga Mobil VW Kodok / Volkswagen Beetle – Mobil Volkswagen Beetle atau kendaraan beroda empat Volks wagen Tipe 1 atau lebih populer di Indonesia dengan nama kendaraan beroda empat VW Kodok merupakan kendaraan beroda empat bau tanah yang diprakarsai oleh Adolf Hittler, penguasa Jerman pada jamannya. 

Mobil VW kodok mempunyai tampilan yang begitu Khas sehingga membuatnya sangat gampang dikenali. Mobil ini diproduksi pertama kali pada tahun 1938, dikala perang dunia kedua terjadi proyek kendaraan beroda empat ini sempat dilarang namun pada tahun kembali dilanjutkan hingga tahun 2003. 

Di perkirakan dari rentang waktu 1938 hingga 2003 telah lebih dari 21 juta kendaraan beroda empat VW kodok yang dipasarkan di dunia. Mengingat usianya yang sudah cukup tua, kendaraan beroda empat ini masuk dalam kategori kendaraan beroda empat paling kuat di dunia.

Di Indonesia sendiri kendaraan beroda empat VW kodok pertama kali masuk pada tahun 1940 an. Tipe kendaraan beroda empat kodok yang masuk ke Indonesia ialah kendaraan beroda empat Vokswagen Beetle atau kendaraan beroda empat Kodok versi yang terakhirnya. Versi kendaraan beroda empat ini dihadirkan di Indonesia hanya hingga 1976 berbeda dengan pemasaran kendaraan beroda empat Volkswagen di Mexico yang hingga pada tahun 2003. 

Mobil VW kodok selalu tiba dengan tampilan yang sama setiap tahunnya, walaupun begitu ternyata pada setiap tahun keluarannya kendaraan beroda empat VW kodok selalu membawa perubahan. 

Di Indonesia pun ternyata demikian hampir semua versi kendaraan beroda empat VW kodok ini berpenampilan sama yaitu dengan mesin pendingin berupa udara yang diletakkan di belakang dan dengan kapasitas 5 penumpang didukung dengan dua pintu saja.

Tampilan dari kendaraan beroda empat VW kodok memang untuk jaman kini ini terkesan begitu unik, banyak pula yang menyampaikan bahwa tampilan dari kendaraan beroda empat ini lucu. 

Yah, tidak salah mengingat kini ini kebanyakan orang lebih suka membeli kendaraan beroda empat keluaran gres yang terkesan lebih modern dan mewah. 

Mobil – kendaraan beroda empat tipe klasik menyerupai VW Kodok ini mulai ditinggalkan. Walaupun demikian masih ada juga orang – orang yang tertarik pada tipe kendaraan beroda empat klasik ini, sebagain besar dari mereka ialah yang mengetahui nilai sejarahnya ataupun kolektor kendaraan beroda empat klasik.

Sampai sekarang, kendaraan beroda empat Jenis VW kodok ini masih sering terlihat dijalanan Indonesia. Memang kendaraan beroda empat ini cukup wanteg dari segi mesin dan juga body yang diusungnya. 

Pasalnya kendaraan beroda empat ini ialah salah satu kendaraan beroda empat terbaik pada masanya. Berikut ini TIM GarasiOtoMania akan memberikan ulasan mengenai Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan serta Harga Mobil VW Kodok.

Foto Mobil VW Kodok 

 Mobil Volkswagen Beetle atau kendaraan beroda empat Volks wagen Tipe  Harga Mobil VW Kodok dan Rahasia Spesifikasi Kelemahannya
Mobil VW Kodok

 Mobil Volkswagen Beetle atau kendaraan beroda empat Volks wagen Tipe  Harga Mobil VW Kodok dan Rahasia Spesifikasi Kelemahannya
Mobil VW Kodok Terbaru

 Mobil Volkswagen Beetle atau kendaraan beroda empat Volks wagen Tipe  Harga Mobil VW Kodok dan Rahasia Spesifikasi Kelemahannya
Spesifikasi Mobil VW Kodok


Berikut ini kami telah mengumpulkan beberapa Foto Mobil VW Kodok. Karena kendaraan beroda empat VW Kodok mempunyai banyak varian maka kami tidak bisa menampilkan semuanya. Beberapa di antara mereka ialah

Perkembangan Spesifikasi Mobil VW Kodok

Seperti yang sudah disampaikan bahwa kendaraan beroda empat VW Kodok sering kali membawa perubahan pada setiap tahun pembuatannya, walaupun untuk secara umum tampilannya masih sangat mirip. 

Seperti halnya pada kendaraan beroda empat veri awalnya, VW kodok mempunyai tampilan beling belakang yang split menjadi dua. Tampilan kendaraan beroda empat VW Kodok tahun 1951 juga mempunyai detail ekteror yang berbeda. 

Pada versi kendaraan beroda empat ini, VW kodok hanya mempunyai sebuah spion saja yang disematkan pada sebelah kanannya. 

Lalu untuk episode belakangnya dipakai lampu stop dengan ukuran yang kecil. Di episode lampu seinnya diguanakn lampu sein tipe semaphore sign model ini merupakan tipe lampu flip up di episode belakang pintu. 

Tampilan beling belakkang split ini diproduksi hingga pada tahun 1953 namun untuk model lampu sein flip up diproduksi hingga tahun 1959.

Setelah tahun 1953 tepatnya di tahun 1954, kendaraan beroda empat ini sudah tidak lagi mengusung konsep beling terpisah. Sedangkan untuk tampilan beling bentuk ovalnya masih dipertahankan. 

 Mobil Volkswagen Beetle atau kendaraan beroda empat Volks wagen Tipe  Harga Mobil VW Kodok dan Rahasia Spesifikasi Kelemahannya
Tampilan kendaraan beroda empat VW Kodok
Di tahun 1960 terdapat perombakan lagi, versi kendaraan beroda empat di tahun ini telah meletakkan lampu seinnya di episode belakang dipadukan dengan lampu stop yang tersemat. 

Sedangkan untuk beling bagin belakang nya dikembangkan dengan bentuk yang lebih melebar. 

Pada tahun 1966 perobakan kendaraan beroda empat VW Kodok ini dilakukan pada episode dapur pacunya, jikalau dulunya hanya memakai mesin berkapasitas 1100 cc dengan tenaga yang dihasilkan hanya 30 hp di putaran 3300 rpm dan torsi maksimum 68 nm pada putaran 2000 rpm kini sudah digantikan dengan mesin yang berkapasitas lebih besar yaitu 1200 cc. 

Mesin ini bisa memperlihatkan tenaga hingga mencapai 40 tenaga kuda dan mempunyai perbandingan kompresi mesin 7 : 1. 

Nah di tahun 60 an ini beberapa tipe kendaraan beroda empat VW kodok mulai bermunculan mulai dari 1200, 1300, 1302, 1303 hingga super beetle.

Mobil VW Kodok varian 1302 pertama kali memasuki pasar otomotif nasional pada tahun 1970 an. Mobil tipe ini mengusung mesin tipe four horizontally opposed dengan pendingin udara berupa udara. Mesin ini berkapasitas mencapai 1.3 L. 

Kemudian untuk kendaraan beroda empat VW versi 1303 masuk ke Indonesia di tahun 1973 dengan masih mengusung tipe mesin sama berkapasitas 1300 cc. 

Tipe kendaraan beroda empat VW 1303 mempunyai tampilan interior yang lebih glamor jikalau dibandingkan dengan versi 1302 sebelumnya. 

 Mobil Volkswagen Beetle atau kendaraan beroda empat Volks wagen Tipe  Harga Mobil VW Kodok dan Rahasia Spesifikasi Kelemahannya
Mobil VW Kodok Klasik
Pada kendaraan beroda empat VW Kodok versi 1303 memakai beling berbentuk melengkung, sedangkan untuk kendaraan beroda empat VW Kodok versi 1302 memakai beling dengan penampilan yang datar. 

Versi kendaraan beroda empat VW Kodok 1302 dan 1303 sering juga diberi sebutan sebagai kendaraan beroda empat sper beetle. 

Lalu untuk tipe yang mempunyai kapasitas mesin besar, ada kendaraan beroda empat VW Kodok 1600 yang berkapasitas mesin mencapai 1600 cc. 

Mobil ini termasuk kendaraan beroda empat tipe sport, sehingga pada episode kaki-kakinya sudah didukung dengan adanya sistem pengereman cakram.

Secara umum, semua varian kendaraan beroda empat VW Kodok memakai mesin berbahan bakar bensin tipe horizontally opposed dengan empat silinder. 

Sistem pendingin yang dipakai pada kendaraan beroda empat VW Kodok ialah pendingin udara. Selama kemunculannya didunia otomotif varian dari Mobil VW bisa dibilang cukup banyak mulai dari varian mesin berkapasitas 1000 cc hingga berkapasitas 2000 cc. 

Memang secara sekilas tampilan dari kendaraan beroda empat ini sangat sederhana. Tetapi kendaraan beroda empat inilah yang dulunya menjadi salah satu alasan negara Jerman yang dikala itu dipimpin oleh dictator Hitler bisa menguasai Eropa pada perang dunia ke dua. 

Sebagai embel-embel info untuk anda bahwa mesin yang dipakai oleh VW Kodok ini bahkan dulunya pernah disematkan pada pesawat terbang.

Kelebihan dan kekurangan Mobil VW Kodok

Nah sehabis membahas mengenai perkembangan spesfikasi yang diusung oleh kendaraan beroda empat VW Kodok dari aneka macam variannya, kini Tim GarasiOtoMania akan mulai membahas mengenai Kelebihan dan Kekurangan Mobil VW Kodok. 

Sebagai kendaraan beroda empat klasik yang pernah berjaya dimasanya, tentu kendaraan beroda empat ini mempunyai banyak kelebihan dan juga kekurangan .

Kelebihan Mobil VW Kodok

Memiliki banyak Varian Tipe

Sejak awal dikeluarkannya hingga tutup buku pada tahun 2003, kendaraan beroda empat VW telah dikeluarkan dengan berbegai pilihan tipe, pasalnya setiap tahun dikeluarkannya kendaraan beroda empat VW hampir selalu membawa perubahan, walaupun masih tetap mempertahankan tampilan umumnya.

Memiliki tampilan yang Unik

Keunggulan utama dari kendaraan beroda empat VW Kodok ini ialah dari segi tampilan. Mobil ini mempunyai tampilan yang unik sehingga membuatnya benar-benar beda dengan kendaraan beroda empat – kendaraan beroda empat lainnya. 

Mobil VW Kodok ini berukuran kecil dengan tampilan yang menyerupai binatang kodok.

Mesin terletak dibelakang 

Mesin kendaraan beroda empat VW Kodok diletakkan di episode belakang, hal ini menciptakan kendaraan beroda empat ini mempunyai tenaga yang lebih besar alasannya ialah tenaga dari mesin eksklusif bisa tersalukan ke pada roda belakang.

Kekurangan / kelemahan Mobil VW Kodok

Mesin Praktis Terbakar

Banyak yang mengeluhkan bahwa kendaraan beroda empat VW Kodok ini, mesinnya gampang terbakar. Ada beberapa klarifikasi logis mengapa mesin kendaraan beroda empat VW Kodok ini bisa gampang terbakar. 

Beberapa diantaranya ialah alasannya ialah mesin yang biasanya over heat atau kepanasan.

Pemasangan distributor serta alternator yang terlalu akrab juga menjadi salah satu penyebab mengapa mesin ini gampang terbakar. 

 Mobil Volkswagen Beetle atau kendaraan beroda empat Volks wagen Tipe  Harga Mobil VW Kodok dan Rahasia Spesifikasi Kelemahannya
Mesin Mobil VW Kodok
Selain itu mengingat kendaraan beroda empat ini ialah kendaraan beroda empat yang sudah bau tanah maka sering juga terjadi kebakaran alasannya ialah kondisi selang –selang yang sudah tidak prima. 

 Apalagi jikalau ada siket kabel yang terkelupas, tentu akan semakin meningkatkan risiko kebakaran pada mesinnya.

Membutuhkan perawatan Ekstra

Tentu saja alasannya ialah kendaraan beroda empat VW Kodok merupakan kendaraan beroda empat yang sudah berumur, maka perawatan ialah hal yang sangat penting. 

Namun kini ini banyak pula perkumpulan para penggemar kendaraan beroda empat VW Kodok yang bisa anda ikuti, dalam lembaga ini anda akan bisa bertukar pikiran mengenai cara mengatasi problem yang timbul hingga cara mendapat sperpart yang baik.

Suara Mesin Keras

Beberapa pengguna Mobill VW Kodok menyatakan bahwa suara mesin yang dipakai memang terlalu keras. Hal ini menurunkan tingkat kenyamanan penggunanya dikala berada di dalam kabin mobil. 

Keadaan semacam ini sering terjadi alasannya ialah perawatan yang kurang. Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan perawatan ekstra ataupun bahkan turun mesin.

Lampu Charge Sering Menyala

Kejadian menyalanya lampu charge terlalu sering juga dialami oleh beberapa pengguna kendaraan beroda empat VW Kodok. Keadaan ini bisa ditanggulangi dengan sering – sering menyidik dynamo charge yang berafiliasi dengan tali kipas mobil.

Jika keadaan tali kipasnya putus maka anda perlu memperbaiki episode ini sedangkan jikalau tali kipasnya dalam keadaan baik, kemungkinan dinamonya lah yang bermasalah. Jika terjadi masallah menyerupai ini, ada baiknya anda tidak menyalakan mesin terlebih dahulu.

Lampu Penunjuk Oli Selalu Menyala

Kejadian lampu penunjuk oli selalu menyala biasanya terjadi alasannya ialah oli tidak mengalir ke episode switch. Untuk mengatasi hal ini anda bisa saja memperbaikinya sendiri, namun jikalau anda kurang paham problem mesin anda bisa membawanya ke bengkel khusus VW terdekat. Biasanya bengkel khusus ini sudah tersedia di kota- kota besar.

Mesin Mobil VW Kodok diletakkan di Belakang

Pada episode kelebihan Mobil VW Kodok, disebutkan bahwa kendaraan beroda empat ini mempunyai posisi meisn yang berbeda dengan kendaraan beroda empat pada umumnya. Yah, memang berbeda dengan kendaraan beroda empat – kendaraan beroda empat pada umumnya, kendaraan beroda empat VW Kodok mempunyai keunikan dalam meletakkan posisi mesinnya. 

Anda penggemar kendaraan beroda empat ini tentu tahu jikalau kendaraan beroda empat VW Kodok meletakkan mesinnya di posisi belakang. Mengapa VW kodok meletakkan mesinnya di belakang? 

 Mobil Volkswagen Beetle atau kendaraan beroda empat Volks wagen Tipe  Harga Mobil VW Kodok dan Rahasia Spesifikasi Kelemahannya
Spesifikasi Mesin Mobil VW Kodok
Nah bahwasanya prinsip dari peletakan mesin kendaraan beroda empat di belakang cukup simple. Mengingat bahwa kendaraan beroda empat ini mempunyai ukuran yang mungil tentunya pengendara episode depan akan merasa panas jikalau mesin mobilnya diletakkan di depan, jadi sehabis di letakkan dibelakang kabinnya jadi serasa lebih adem. 

Selain itu dengan diletakkannya mesin kendaraan beroda empat pada episode belakang akan menciptakan kendaraan beroda empat VW Kodok jadi lebih bertenaga. 

Pasalnya tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan langsun tersalurkan pada roda episode belakangnya. Konsep peletakan mesin di episode belakang ini bahwasanya banyak dipakai pada mobil-mobil yang mengandalkan performa, jadi dulunya VW kodok merupakan salah satu kendaraan beroda empat yang mengincar sasaran performa tinggi.

Rangkuman Spesifikasi Mobil VW Kodok (Volkswagen Beetle)

Pada episode ini kami menciptakan rangkuman mengenai Spesifikasi VW Kodok. Rangkuman ini kami buat dengan tujuan untuk menciptakan anda lebih gampang dalam memahami seluk beluk dari kendaraan beroda empat VW Kodok. Berikut rangkumannya, supaya bermanfaat. 


Spesifikasi Volkswagen Beetle Type 1 (VW Kodok)

Jenis Mobil
Sedan
Tipe
Tipe 1
Mesin yang dipakai
Volkswagen 1100 engine 1131cc
Volkswagen 1200 engine 1192cc
Volkswagen 1300 engine 1285cc
Volkswagen 1600 engine 1592cc
Bore X Stroke VW Kodok
75.0 X 64.0 mm (1100)
77.0 X 64.0 mm (1200)
77.0 X 69.0 mm (1300)
85.5 X 69.0 mm (1600)
Sistem Bahan Bakar
Karburator
Transmisi
Manual 4 Speed
Wheelbase
2.400 mm
Panjang
4.079 mm
Lebar
1.539 mm
Tinggi
1.500 mm

Review Mobil VW Kodok

Tidak luapa kami juga menyediakan review kendaraan beroda empat VW Kodok ini dalam bentuk video jikalau anda lebih suka menonton daripada membaca. Namun anda bisa juga melewati episode ini juka tidak terlalu berminat pada video.


Harga Mobil VW Kodok Terbaru

Harga yang dibanrolkan untuk kendaraan beroda empat VW Kodok atau Volkswagen Beetle memang cukup bervariasi. Untuk mendapat kendaraan beroda empat VW Kodok dengan keadaan prima dan layak jalan, dengan kondisi mempunyai surat – surat hidup mesin yang sehat, kuallitas bodinya masih baik serta interior yang masih rapi, paling tidak anda membutuhkan uang 50 jutaan. 

Tetapi harga ini tidak lah niscaya alasannya ialah bahkan sering juga anda akan mendapati kendaraan beroda empat VW Kodok yang dijual sangat murah tetapi ada pula yang dijual dengan harga sangat mahal mencapai 300 jutaan. 

Kami dari tim bahwasanya kurang menyarankan bagi anda yang masih pemula untuk menentukan kendaraan beroda empat ini alasannya ialah kendaraan beroda empat ini nantinya membutuhkan perawatan yang esktra. 

Butuh kesabaran, dan juga passion untuk mengurus kendaraan beroda empat ini. 

Hal ini kami ingatkan alasannya ialah banyak juga orang –orang yang kapok untuk merawat kendaraan beroda empat ini alasannya ialah tidak siap dengan perawatannya. 

Namun jikalau anda mempunyai passion yang kuat dalam bidang kendaraan beroda empat klasik, kendaraan beroda empat ini akan membawa banyak laba bagi anda. 

Selain hoby anda tersalurkan, tentu saja kendaraan beroda empat ini semakin usang juga akan semakin naik harganya, namun anda harus bisa mempertahankan keaslian dan kualitas kendaraan beroda empat ini. 

Nah berikut ini ialah harga kendaraan beroda empat VW Kodok yang kami rangkum dari aneka macam sumber. Harga yang kami pampang ini masih lah harga bernafsu dan juga tidak termasuk untuk tipe kendaraan beroda empat VW Kodok yang premies atau kualitas prima. 

Berikut ini merupakan daftar harga kendaraan beroda empat VW Kodok

VW Kodok Manual 1968          Rp 12,3 juta
VW Kodok 1,3 L 1968              Rp 30  juta
VW Kodok 1,3 L 1961              Rp 31 juta
VW Kodok Manual 1976          Rp 35 juta
VW Kodok 1,2 L 1974              Rp 49 juta
VW Kodok 1,2 L 1974              Rp 61 juta
VW Kodok Manual 1974          Rp 80 juta
VW Kodok 1,3 L 1976              Rp 85 juta
VW Kodok S 1,3 L 1986           Rp 90 juta

Demikian tadi pembahasan kami mengenai Harga Mobil VW Kodok beserta spesifikasi Kelebihan, dan Kekurangan yang dimilikinya. 

Silakan share artikel ini bagi teman – teman atau kerabar anda yang membuthkan. Jangan lewatkan juga pembahasan kami perihal Mazda Lantis dan Daftar Harga Mobil Murah

0 comments

Post a Comment