Harga Hyundai Eon, Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan

Harga Hyundai Eon | Hyundai Eon ialah salah satu kendaraan beroda empat murah Hyundai yang hadir dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Mobil ini hadir dengan banyak sekali kelebihan namun tetap saja mempunyai beberapa kekurangan.

Hyundai Eon merupakan salah satu kendaraan beroda empat murah atau Low Cost Green Car (LCGC). Di India kendaraan beroda empat ini telah diperjual belikan dengan harga mulai dari 2.5 Lakhs Rupe atau setara dengan 46 juta rupiah untuk kendaraan beroda empat versi yang tidak memakai power steering.

Sebagai perhiasan informasi untuk anda bahwa di Indonesia sendiri, peraturan mengenai kendaraan beroda empat murah dan ramah lingungan (LCGC) sesungguhnya belum jelas.

 Namun, kasak-kusuk mengenai kendaraan beroda empat ini telah menimbulkan prusahaan-perusahaan kendaraan beroda empat untuk mulai memproduksi secara masal mobil-mobil LCGC ini.

 Hyundai Eon ialah salah satu kendaraan beroda empat murah Hyundai yang hadir dengan spesifikasi yang cuku Harga Hyundai Eon, Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan
Hyundai Eon Terbaru
Saat ini mobil-mobil tipe LCGC ini telah banyak beredar, contohnya kendaraan beroda empat kembar Toyota Agya dan Daihatsu Alya, terdapat pula Suzuki Wagon maupun Honda Brio.

Mobil-mobil ini telah banyak menarik perhatian para pecinta otomotif terutama bagi mereka yang mempunyai keterbatasan dana.

Nah menanggapi hal ini, Hyundai pun tidak ingin ketinggalan. Demam kendaraan beroda empat LCGC, mengarahkan Hyundai untuk membuat kendaraan beroda empat tipe LCGC yang berkualitas namun tetap mempunyai harga yang murah. 

Nama Hyundai Eon dipilih untuk mewakili kendaraan beroda empat LCGC yang digadang-gadang oleh hyundai untuk menguasai pasar LCGC di Indonesia.


Sebelumnya, kendaraan beroda empat ini telah berhasil menjadi salah satu penguasa pasar di India. Sementara yang menjadi saingannya untuk ketika ini ialah Datsun Go dan juga Suzuki Alto. 

Sebagai kendaraan beroda empat murah, tentunya Hyundai Eon kini ini sudah banyak dimiliki oleh pecinta otomotif. 

Mobil berukuran kecil mungil ini, dijejali dengan mesin berkapasitas mencapai 800 cc dan mempunyai tiga silinder. 

Dengan mesin yang menyerupai ini, kabarnya Hyundai Eon akan mempunyai tenaga mencapai 50 Hp.

Sedangkan untuk tampilannya, Hyundai Eon didesain secara rapi dengan kesan sporty yang lebih ditonjolkan. 

Secara umum, tampilan dan ukuran Hyundai Eon akan sangat cocok digunakan di daerah-daerah perkotaan yang mempunyai trafik kendaraan padat.

Tampilan luar ini juga didukung dengan kondisi interior yang sengaja di desain mempunyai dua warna dominan. 

Kehadiran dua warna mayoritas ini, semakin meningkatkan kesan modern yang dimiliki oleh Hyundai Eon. 

Sedangkan untuk fitur penunjangnya Hyundai Eon juda sudah dilengkapi dengan Air Bag yang akan mengembang secara otomatis jikalau sewaktu-waktu terjadi benturan. 

Untuk fitur-fitur yang lain terdapat power steering, power window, kunci sentral dan beberapa fitur penunjang lainnya.

Sebenarnya bagaimanakah spesifikasi Hyundai Eon secara lebih lengkapnya? 

Berapa pula Harga Hyundai Eon ini? Untuk menjawab pertanyaan anda ini, tim GarasiOtoMania telah menyiapkan pembahasan secara lengkap untuk anda. 

Langsung saja kita simak bersama ulasan lengkap mengenai Hyundai Eon

Spesifikasi Hyundai Eon

Eksterior Hyundai Eon

Pada pembahasan Spesifikasi Hyundai Eon yang pertama, tim GarasiOtoMania akan mengajak anda untuk menyelidiki tampilan luar dari Hyundai Eon. 

Di bab luarnya ini, Hyundai mempunyai tampilan yang begitu spory dan modern.

Pada bab fascianya, Hyundai Eon didesain secara sporty. Lampu utamanya dibentuk meruncing kebelakang sehingga menambah kesan tajam pada bab depannya. 

Di bab tengahnya terdapat emblem berbentuk lambang Hyundai untuk mempertegas identitas dari kendaraan beroda empat ini. 

Emblem ini berada di antara garis yang meruncing kebawah, membuat tampilan Hyundai Eon semakin menarik dipandang. 

 Hyundai Eon ialah salah satu kendaraan beroda empat murah Hyundai yang hadir dengan spesifikasi yang cuku Harga Hyundai Eon, Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan
Eksterior Hyundai Eon
Sedangkan untuk grill depannya dibentuk berbentuk trapesium dengan garis garis tegas berwarna hitam.

Secara keseluruhan, Hyundai Eon mengadaptasi konsep desain Fluidic Sculpture yang dirancang di negara gingseng Korea Selatan. 

Desain ini mempunyai ciri khusus berupa lekukan-lekukan body yang sangat cantik. 

Hal ini terlihat lebih terang pada bab samping kendaraan beroda empat yang mempunyai lekukan-lekukan aerodinamis keren.

Dua pintu pada bab sampingnya didesain seperti menyatu satu sama lain. 

Pada bab samping ini juga sudah dilengkapi dengan lampu penerus sein sehingga jikalau kendaraan beroda empat ini ingin berbelok, pengendara disampingnya akan mengetahuinya.

Selanjutnya kita beralih ke bab belakangnya. Pada bab belakang digunakkan beling berbentuk setengah oval yang terbalik ke atas. 

Kemudian beling ini disatukan dengan stop lamp yang disusun secara vertikal. 

Di bab tengahnya terdapat emblem Hyundai yang diapit oleh goresan pena Eon dan juga Hyundai untuk memperlihatkan identitas kendaraan beroda empat ini. 

Hyundai Eon tidak mempunyai bumper besi, jadi bab belakangnya terlihat lebih simpel dan sepi.

Interior Hyundai Eon

Setelah membahas mengenai tampilan eksterior dari Hyundai Eon, kini saatnya kita mengulas pada bab inteiror Hyundai Eon. 

Seperti yang telah disinggung di bab awal tadi bahwa Hyundai Eon mempunyai tampilan Interior yang cukup modern. 

Kain kendaraan beroda empat Hyundai Eon didesain memakai perpaduan dua warna primer yang membuatnya tampil semakin modern.  Dari segi fitur pun, Hyundai Eon juga termasuk cukup mumpuni. 

Mobil ini sudah dilengkapi dengan adanya Air bags yang akan melindungi penumpang dan pengemudi dari risiko cedera berat ketika terjadi kecelakaan. 

 Hyundai Eon ialah salah satu kendaraan beroda empat murah Hyundai yang hadir dengan spesifikasi yang cuku Harga Hyundai Eon, Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan
Kabin Hyundai Eon
Selain itu Hyundai Eon juga sudah mempunyai kuci sentral, pwer windows,  dibagian depannya, dan juga mempunyai power steering.

Ada banyak kabar yang menyebutkan bahwa kualitas interior Hyundai Eon tidak hanya unggul pada kelasnya saja, tetapi malah bisa disetarakan dengan mobil-mobil tipe hatchback yang ada diatasnya. 

Sebelumnya, tentunya anda sudah tahu bahwa melalui kendaraan beroda empat Hyundai i10, Hyundai i20, dan Hyundai Grand Avega, Hyundai telah mendapat ratifikasi sebagai salah satu kendaraan beroda empat dengan interior terbaik. Kini, dengan kendaraan beroda empat Hyundai Eon, gelar ini sukses dibawa kembali oleh Hyundai. 

Pengaturan interior ini, sangat diperhatikan oleh Hyundai. Mulai dari tongkat presneling yang didesain secara rapi dengan bungkusan yang cantik. 

Bagian tempat duduknya (jok) juga memakai materi semi fabric berkualitas setidaknya untuk ukuran harga yang murah ini.

Desain jok kendaraan beroda empat sengaja dibentuk tetap rendah, meskipun ukuran dimensinya kini menjadi lebih tinggi. Hal ini memungkinkan para pengendaranya untuk keluar dan masuk secara lebih mudah. 

Untuk menyesuaikan dengan posisi jok kendaraan beroda empat yang digunakan, dashboar yang digunakan juga dipasang secara lebih rendah sehingga para pengendara bisa mengakses fitur Hyundai Eon secara lebih mudah. 

Kemudian untuk stir nya digunakan stir 4 spoke dengan ukuran tebal dan nyaman sehingga menjadi lebih gampang untuk dipegang. 

Diameter stir Hyundai Eon pun kini menjadi lebih besar dan kemudian mendapat tilet adjustment yagn pertama pada kelas kendaraan beroda empat ini.

Jok kendaraan beroda empat pada bab depannya dibentuk sedikit lebih tipis sehingga akan sesuai untuk digunakan di kawasan perkotaan, namun tampaknya akan kurang nyaman jikalau digunakan untuk bepergian jarak jauh. 

Jok kendaraan beroda empat ini mempunyai sandaran yang diletakkan secara pas, sehingga akan nyaman ketika digunakan untuk menyandarkan kepala. 

Kemudian kenyamanan anda akan semakin meningkat dengan adanya pengatur penggeser jok berukuran panjang. 

Dengan adanya fitur ini, bahkan anda yang mempunyai tinggi mencapai 2 meter pun akan tetap merasa nyaman untuk memakai jok kendaraan beroda empat ini.

Jika anda mendorong jok kendaraan beroda empat ini hingga ke belakang, maka pengemudi bisa meluruskan kakinya sehingga akan bisa merasa lebih nyaman. 

 Hyundai Eon ialah salah satu kendaraan beroda empat murah Hyundai yang hadir dengan spesifikasi yang cuku Harga Hyundai Eon, Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan
Interior Hyundai Eon
Selain itu jarak antara kepala dan atap juga cukup tinggi sehingga pengemudi akan merasa nyaman. 

Namun bagaimanapun juga kendaraan beroda empat Hyundai Eon tetaplah kendaraan beroda empat berukuran kecil. Sehingga jikalau anda mempunyai postur badan yang besar ada kemungkinan antara pengemudi dan penumpang untuk bersentuhan bahu. 

Beralih ke bab indikator, di sini anda akan menemui indikator yang menarik dan gampang untuk di baca. 

Penampilan dari indikator ini menawarkan informasi yang cukup terang sehingga gampang diakses siang ataupun malam. 

Mobil ini juga telah dilengkapi dengan fitur canggih gearshitf yaitu fitur yang akan menawarkan rekomendasi, gigi berapa yang harus digunakan ketika berkendara. 

Dengan adanya fitur ini, penggunaan materi bakar akan menjadi lebih hemat dan efisien.

Dimensi Hyundai Eon

Setelah membahas mengenai tampilan dalam dan luar dari Hyundai Eon, tim GarasiOtoMania akan mengajak anda untuk menyelidiki pada ukuran dimensi yang diusung oleh Hyundai Eon. 

Karena ukuran dimensi ini, sering kali juga mempengaruhi Harga Hyundai Eon sendiri. 

Mengusung tampilan luar yang bernafsu dan tegas, Hyundai Eon mempunyai ukuran yang cukup mungil. 

Tentunya alasannya ialah kendaraan beroda empat ini ialah salah satu tipe LCGC yang sudah dikhususkan untuk menerjang kemacetan-kemacetan kota-kota besar. 

Untuk ukurannya kendaraan beroda empat ini sendiri mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar yaitu dengan panjang 3495 mili meter dan lebar mencapai 1550 mili meter. 

 Hyundai Eon ialah salah satu kendaraan beroda empat murah Hyundai yang hadir dengan spesifikasi yang cuku Harga Hyundai Eon, Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan
Dimensi Hyundai Eon
 Untuk tingginya, Hyundai Eon mengadopsi tinggi dari mobil-mobil tipe hatcback yaitu mencapai 1500 mili meter. Untuk wheel basenya mencapai 2380 mili meter. 

Sedangkan bobot kendaraan beroda empat dalam keadaan kosong mencapai 772 kilo gram.

Dengan ukuran ini, tentu pengendara akan sangat gampang untuk mengajak Hyundai Eon bermanuver di kawasan yang mempunyai trafik kendaraan padat.

Kemudian pada bab kaki-kakinya, Hyundai Eon dilengkapi kaki-kaki yang cukup mumpuni dengan spesifiasi sesuai dengan kelasnya. 

Pada bab suspensinya, Hyundai Eon memakai sistem suspensi Torsion Beam Axle untuk bab belakangnya. 

Sedangkan untuk sistem suspensi bab depannya digunakan tipe MacPherson yang sudah populer dan banyak digunakan di mobil-mobil glamor sekalipun.  

Berlanjut ke bab rodanya, Hyundai Eon memakai velg berukuran 13 inchi yang dibalur dengan ban berukuran 155/70/13. 

Sistem kaki-kaki ini juga didukung oleh fitur pengereman cakram berpadu ABS pada bab depan dan rem tromol pada bab belakangnya.

Mesin Hyundai Eon

Selanjutnya kita beralih pada bab mesin kendaraan beroda empat yang digunakan oleh Hyundai Eon. Pada bab awal sudah sedikit disinggung mengenai dapur pacu yang ada pada kendaraan beroda empat ini. 

Untuk duduk perkara mesin ini, Hyundai telah menentukan untuk memakai mesin dengan tiga silinder/valves dan juga silinder tunggal overhead camshaft berkapasitas 814 cc untuk digunakan pada Hyundai Eon. 
 Hyundai Eon ialah salah satu kendaraan beroda empat murah Hyundai yang hadir dengan spesifikasi yang cuku Harga Hyundai Eon, Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan
Mesin Hyundai Eon
 Mesin ini akan bisa menghasilkan tenaga maksimum hingga mencapai 55 bhp pada putaran mesin mencapai 5500 rpm. 

Sedangkan untuk torsi maksimumnya ialah 75 Nm pada putaran 4000 rpm. Tenaga yang dimiliki oleh Hyundai Eon ini disalurkan melalu sistem transmisi 5 speed sehingga akan memperoleh akselerasi yang lebih optimal. 

Sebagai salah satu kendaraan beroda empat tipe LCGC, Hyundai Eon hadir dalam dua pilihan tipe materi bakar yaitu materi bakar premium dan juga materi bakar berupa LPG. 

Pada kendaraan beroda empat Hyundai Eon tipe tertinggi, konsumsi materi bakar nya bisa mencapai 21.1 km per liternya.

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Eon

Di bab ini, tim telah merangkum kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Hyundai Eon. 

Kelebihan dan kekurangan Hyundai Eon ini kami dasarkan pada ulasan sebelumnya yang telah mengulik pada setiap bagiannya. 

Nah, berikut ialah kelebiahan dan kekurangan yang dimiliki oleh Hyundai Eon.

Kelebihan Hyundai Eon

  1. Tampilan inteiror yang mumpuni
  2. Pengaturan jok maksimal sehingga sangat menyamankan para penumpang
  3. Telah mempunyai fitur penunjang keselamatan standar
  4. Harga murah dan terjangkau
  5. Kualitas mumpuni sebagai kendaraan beroda empat LCGC
  6. Memiliki fitur gearshif yang akan membantu menentukan gigi yang sesuai ketika berkendara
  7. Hadir dalam dua pilihan materi bakar yaitu Bensin dan LPG

Kekurangan Hyundai Eon

  1. Ukuran kendaraan beroda empat yang terlalu kecil
  2. Belum mempunyai tachometer bahkan untuk versi tertingginya
  3. Memiliki keterbatasan alasannya ialah masih berada pada level kendaraan beroda empat LCGC
  4. Kabin kendaraan beroda empat yang sempit
  5. Tenaga tidak terlalu besar

Review Hyundai Eon

Berikut ini kami siapkan juga video, pembahasan tampilan interior dan eksterior reviw Hyundai Eon, anda bisa menontonnya. 


Rangkuman Spesifikasi Hyundai Eon

Pada bab ini, kami membuat sedikit rangkuman mengenai spesifikasi Hyundai Eon untuk mempermudah anda mengetahui spesifikasi dari Hyundai Eon. Berikut ialah rangkumannya.

Mesin
  • Tenaga 55 (5500) bhp tiap rpm
  • Torsi 75 (4000) NM tiap rpm
  • Kpasitas mesin 0,8 liter
  • Tenaga / berat : 77 bhp / ton
  • Torsi tiap Berat : 105 Nm/ton
Dimensi
  • Panjang : 3495 mili meter
  • Lebar : 1550 mili meter
  • Tinggi : 1500 mili meter
  • Whell Base : 2380 mili meter
  • Ground Clerance : 170 mili meter
  • Kapasitas tempat duduk : 5
  • Kerb Wigt : 715 kilo gram
Kaki-Kaki
  • Velg : 13 inchi
  • Ban : 155/70/13
  • Rem depan : cakram dengan ABS
  • Rem belakang : tromol
  • Torsi depan : MacPherson
  • Torsi belakang : Torsion Beam axle

Harga Hyundai Eon

Sampailah kita pada pembahasan terakhir mengenai harga mobil. Membahas mengenai harga mobil, tentu sangat bersahabat kaitannya dengan spesifikasi, kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh kendaraan beroda empat itu. 

Begitu pula ketika kita akan membicarakan mengenai Harga Hyundai Eon. 

Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya bahwa spesifikasi Hyundai Eon memang cukup mumpuni sebagai kendaraan beroda empat tipe Low Cost Green Car (LCGC). 

Mobil ini berpenampilan modern nan sporty dengan ukuran yang agak mungil. Dari segi ukuran dan bentuk, Hyundai Eon sudah sangat sesuai sebagai kendaraan beroda empat tipe LCGC.

 Lalu pada bab interiornya, banyak yang menganggap bahwa tampilan interior Hyundai Eon ialah salah satu yang terbaik sebagai kendaraan beroda empat LCGC. 

Pasalnya tampilan ini bahkan sudah mendekati mobil-mobil yang berada di atasnya menyerupai kendaraan beroda empat Hyundai i10, Hyundai i20 ataupun Hyundai Grand Avega.

Untuk dapur pacunya, digunakan mesin dengan 3 silinder berkapasitas 814 cc yang akan bisa menawarkan tenaga hingga mencapai 55 bhp. 

Tentunya ukuran tenaga ini sudah cukup mumpuni. Di bab kaki-kakinya Hyundai Eon menggunakn velg berukuran 13 inchi yang didukung dengan sistem suspensi machperson pada bab depannya. 

Secara umum, pada bab kaki-kakinya sudah sangat baik apalagi didukung dengan adanya fitur ABS pada pengeremannnya. 

Lalu dengan banyak sekali kelebihan yang dimilikinya ini, berapakah harga yang dibandrol untuk Hyundai Eon? 

Berdasarkan informasi yang diperoleh oleh tim GarasiOtoMania, harga Hyundai Eon terbilang cukup murah yaitu berada pada kisaran harga 50 hingga 60 jutaan saja. 

Harga Hyundai Eon D Lite - Rp 51 jutaan
Harga Hyundai Eon Sport  -  Rp 69, 8 jutaan

Sebagai perhiasan catatan untuk anda harga ini masih pada kisaran saja alasannya ialah belum ada harga resmi dari Hyundai Indonesia mengenai Harga Hyundai Eon. 

 Namun, kiranya harga Hyundai Eon tidak akan meleset terlampau jauh dari kisaran ini. 

Sebagai kendaraan beroda empat LCGC, tampaknya Hyundai Eon akan banyak menjawab tantangan yang selama ini muncul terutama pada bab fitur penunjang dan tampilan inteiror yang disusung, namun tetap saja sebagai kendaraan beroda empat dengan harga yang murah Hyundai Eon akan tetap mempunyai kekurangan. 

Demikian tadi ulasan kami mengenai Spesifikasi, Kelebihan, dan kekurangan serta harga Hyundai Eon. Semoga ulasan kami ini sanggup bermanfaat bagi anda yang sedang mencari kendaraan beroda empat murah. 

Jangan lewatkan untuk membaca ulasan kami mengenai kendaraan beroda empat murah LCGC lainnya yaitu Toyota Agya dan Suzuki Karimun Wagon.

0 comments

Post a Comment