SISTEM HIDROLIK DAN PNEUMATIC



Membicarakan system hidrolik berarti membicarakan  teknologi yang bekerjasama dengan penggunaan dan karateristik atau sifat-sifat cairan (Liquid).Zat cair ini digunakan untuk melaksanakan gerakan segaris maupun berputar ,dengan di temukannya hokum pascal yang meng-hipotesa-kan bahwa tekanan yang di terima seluruh permukaan akhir cairan yaitu sama,maka pemanfaatan cairan akan semakin beragam.Cairan yang berfungsi sebagai penerus tenaga (transmitting power) melipat gandakan tenaga (muktipling force) juga mampu berfungsi untuk merubah gerakan (modifying motion).Sehingga pada zaman industry modern ini pengunaan system dan alalt-alat hidrolik sudah semakin luas jangkauannya.
    Beberapa keuntungan memakai tenaga hidrolik
1.    Memindahkan tenaga yang besar dengan menggunakan komponen yang relative kecil.
2.    Pengontrolan dan pengaturan lebih mudah
3.    Mudah di pindahkan dalam arah kebalikan (reversible)
4.    Melumasi dan merawat sendiri (self lubricating) sehingga usia pakai lebih panjang
5.    Rancangan yang sederhana (lingkages yang rumit diganti oleh sedikit komponen-komponen pre-engineered
6.    Fleksibilitas (komponen-komponen hidrolik mampu dipasang pada kendaraan hanya dengan mengalami sedikit sekali masalah
7.    Kehalusan (system hidrolik beroperasi dengan halus dan tidak bising dan menyebabkan sedikit sekali getaran
8.    Control (operator melaksanakan control relative sedikit atas aneka macam macam kecepatan dan gaya
9.    Sedikit gaya yang hilang (gaya hidrolik mampu digandakan besar sekali dan di salurkan sepanjang tubuh kendaraan dengan sedikit gaya yang hilang
10.    Pelindung atas beban yang berlaebih (system hidrolik dilindungi  terhadap kerusakan yang disebabkan oleh kelebihan beban (overload damage) dengan katup-katup yang bekerja secara otomatis)
    Beberapa kelemahan yang ada pada system hidrolik
1.    Rawan terhadap kecelakaan akibat  tekanan tinggi dari fluida (high pressure liquid)
2.    Kebocoran kecil mampu berakibat fatal baik pemindahan tenaga maupun akhir kecelakaan
3.    System hidrolik memerlukan adegan dengan tingkat presisi tinggi
4.    Membutuhkan perawatan yang intensif sehubungan dengan iklim atau cuaca biar tidak mudah terkena karat,kotoran dan pencemaran oli.
   Beberapa kelemahan yang ada pada system hidrolik yaitu rawan terhadap kecelakaan akhir tekanan tinggi dari fluida (high preasure liquid),memerlukan adegan dengan tingkat presisi tinggi membuituh perawatan yang intensif.
Sistem Rem yaitu adegan terpenting dalam sebuah kendaraan yang memiliki kegunaan untuk keselamatan. Karena rem merupakan komponen sebuah kendaraan yang digunakan untuk mengurangi laju kendaraan.

0 comments

Post a Comment