Motor klasikHondaCB100 ialah satu diantara koleksi wajib bagi orang yang suka mengoleksi sebuah motor jadul. Honda CB 100 yang di produksi oleh honda motor pada th. 1971 hingga 1981, masih terus eksis hingga waktu ini. Motor ini menjadi koleksi yang keren apalagi jikalau dimodifikasi sehingga tampak lebih fresh dan gak jadul lagi.
Bagi Anda yang masih awam perihal modifikasi honda CB 100 ini, berikut kami sajikan sedikit tips dasar untuk memodifikasi motor Honda CB 100 Anda menjadi lebih keren dan nyaman ditunggangii di jalanan. Anda mampu memilih apakah Anda ingin memodifikasi secara sederhana atau berat, sesuai harapan Anda:
Modif ringan:
Caranya yaitu dengan memperbesar cc motor honda CB 100. Piston mampu diganti dengan milik CB125/GL125 maksimum miliki GL Pro. Kemudian liner/boringnya juga diganti yg lebih besar supaya lebih aman. Berikutnya menambah stroke/langkah piston, caranya dengan memindah pin setang seher yg bawah lebih menjorok keluar dengan batas aman 4 mm.
Ganti pengapian motor Honda CB100 dengan CDI Shogun. CB100 asli yang masih memakai Accu, lebih baik diganti supaya apinya lebih besar. Untuk merubah dari platina ke CDI mampu denga 2 cara, yang pertama dengan menempelkan pulser di bekas dudukan platina, namun cara ini kurang aman. Yang kedua dengan menempelkan pulser di As Kruk. Caranya dengan memotong plat besi seukuran 1x1,5 cm dengan tebal 2 mm. Las di as kruk bab bawah, dan las juga / buat dudukan buat pulsernya. Jarak pulser dan plat tadi 1,5 mm.
Pemasangan CDI menurut kabel yg dimiliki tiap CDI tersebut. Ada juga pelengkap dengan ambil magnet + spul milik grand/supra dan tempelkan di dudukan magnet yg lama (perlu modif dikit). Kemudian buat coakan di blok sebelah kiri. Bisa dengan minta dukungan ke las alumunium untuk dudukan pulsernya.
Karburator tentu minta spuyer yg lebih besar, tapi tentunya lebih baik diganti dengan punya Honda yang lain menyerupai GLpro atau tiger, atau yamaha RX juga boleh, tapi harus buat dudukan sendiri.
Modif Berat
Untuk modif ini intinya sama dengan yg diatas, tapi biasanya dengan mengambil satu set blok kop milik GL Max/pro .Kemudian piston juga mampu menerapkan milik Honda Tiger, namun syaratnya baut dudukan kop mesin ikut diubah. Magnet mampu dihilangkan bila aplikasi CDI DC dengan aki kering.Yang agak susah bab rantai keteng, mampu cari bekas punya GLMax/Pro yg justru sudah molor. Bila sproket belakang standar, gigi sekunder satu ama dua mampu diganti. Atau jikalau tetap, sproket belakangnya harus dikecilkan. Untuk trek panjang cukup dengan gear set CB100, tapi untuk trek pendek dan patah-patah lebih baik gunakan gear set GL100.
Selain modifikasi menyerupai yang dijelaskan di atas, Anda mampu memodifikasi motor honda CB 100 Anda pada bagian-bagian lain sesuai selera. Demikian sedikit tips dari kami, semoga bermanfaat.
0 comments
Post a Comment